Friday, February 15, 2013

Meteor jatuh di Rusia dan Efek gelobang kejutnya

Meteor yang jatuh di kota Chelyabinsk, 900 km sebelah timur dari Moskow - Russia, berkecepatan 54.000 Km/Jam dan mengakibatkan 1000 lebih orang terluka, kekuatan meteor seberat 10 ton ini hampir 20 kali lipat dari bom atom Hiroshima menurut laporan NASA.
----------------------------------------
Meteor that crashed in the city of Chelyabinsk, 900 miles east of Moscow - Russia, speed 54,000 km / hour and resulted in more than 1000 injured, 10-ton meteor power was nearly 20 times that of Hiroshima atomic bomb according to NASA reports.

Akibat dari jatuhnya meteor ini adalah adanya korban luka hingga mencapai 1000 orang. 

Pertanyaan yang muncul adalah kenapa jatuhnya meteor bisa melukai orang sebanyak itu?
Setelah google sebentar akhir nya ditemukan jawabannya adalah dampak dari gelombang kejut ledakan meteor tersebut.

Gelombang kejut adalah gelombang dari sebuah aliran yang sangat cepat dikarenakan kenaikan tekanan, temperature, dan densitas secara mendadak pada waktu bersamaan. Seperti gelombang pada umumnya shock wave juga membawa energi dan dapat menyebar melalui medium padat,cair ataupun gas.
Gelombang kejut terjadi diakibatkan karena kecepatan sumber bunyi lebih cepat dari pada kecepatan bunyi itu sendiri. Meteor tersebut terbang menembus udara dengan kecepatan 54.000 Km/Jam. Kecepatan cukup rendah ini memungkinkan molekul-molekul udara tetap stabil ketika harus menyibak memberi jalan meteor. Namun, ketika meteor menjadi sebanding dengan kecepatan molekul-molekul, molekul-molekul tersebut tidak sempat menghindar dan bertumpuk di tepi-tepi depan meteor dan terdorong bersamanya.
gelombang-kejut
Gambar gelombang subsonik (a) sumber bunyi diam (b) sumber bunyi bergerak ; (c) gelombang kejut dengan kecepatan supersonik
Penumpukan udara bertekanan secara cepat ini menghasilkan “kejutan udara” atau gelombang kejut, yang berwujud dentuman keras. Gelombang bunyi tersebut memancar ke segala arah dan dapat terdengar sebagai sebuah ledakan oleh orang-orang dibawah. Dentuman keras tersebut disebut dengan istilah ”Sonic Boom“. Sonic Boom ini memiliki energi yang cukup besar yang mampu memecahkan gelas kaca, jendela dan bahkan sebuah bangunan gedung.



No comments :

Post a Comment

1. Terima Kasih atas kunjungan anda.
2. Setiap komentar akan kami tanggapi (Bila Ada Waktu dan Kesempatan)
3. Blog ini Do follow