Tuesday, October 8, 2013

Vasektomi itu pilihan kontrasepsi pria masa kini

Dimulai dengan pengertian Vasektomi, Vasektomi adalah salah satu jenis kontrasepsi, diantara jenis kontrasepsi yang lain antara lain suntik KB, minum pil KB, memakai kondom, maupun kontrasepsi alami dengan cara menghitung kalender. Vasektomi adalah operasi kecil ( lebih ringan dari pada sunat/khitanan pada pria) mengikat saluran sperma pria sehingga benih pria tidak mengalir ke dalam air mani pria. Dengan vasektomi, seorang pria tidak bisa lagi menghamili wanita karena saat ejakulasi air mani pria tidak mengandung sel sperma.
Perlu Anda ketahui bahwa air mani pria yang terpancar ke dalam vagina saat berhubungan intim bukan hanya mengandung sel sperma, tetapi juga terdapat cairan seminal dan getah yang dihasilkan oleh prostat. Percampuran ketiga cairan tersebut menjadikan air mani berbentuk kental dan memiliki volume yang banyak. Saat ejakulasi seorang pria pada umumnya menghasilkan 5 cc air mani, volume air sperma bisa bertambah atau berkurang tergantung kesehatan pria tersebut. Nah, dari 5 cc air sperma tersebut yang berisi sel sperma hanya 5 persen saja. Artinya, hanya 0.15 cc saja air sperma yang mengandung sel sperma.


Kenapa dikatakan vasektomi ? karena yang di ikat/diputus itu saluran Vas Deveren . Kalau yang di putus/diikat namanya saluran kencing bisa jadi namanya menjadi kencingektomi........  :)   heheheh bisa bisa aja cari istilah, lama-lama nanti istilahnya menjadi vasektominisasi (demam vickynisasi )



Keuntungan Vasektomi :
  • Tidak ada mortalitas (kematian)
  • Morbiditas (akibat sakit) kecil sekali.
  • Pasien tidak perlu dirawat di rumah sakit.
  • Dilakukan anaestesi lokal.
  • Ada kepastian bahwa cara ini efektip (kemungkinan gagal tidak ada) karena dapat diche kepastian di Laboratorium.
  • Tidak mengganggu hubungan sex selanjutnya dan juga jumlah cairan yang dikeluarkan oleh suami waktu bersanggama tidak berubah.
  • Tidak banyak memerlukan biaya. Yang penting adalah persetujuan dari istri.

Kelemahan :

- Harus dilakukan pembedahan (walaupun namanya pembedahan kecil, tetap aja tergolong pembedahan).
- Masih dimungkinkan ada komplikasi ringan.
- Tidak seperti sterilisasi wanita yang langsung menghasilkan steril permanen, pada vasektomi masih
   harus menunggu beberapa hari, minggu atau bulanan sampai sel mani menjadi negatif.
- Tidak dapat dilakukan pada orang yang masih ingin mempunyai anak lagi.

Syarat-syarat menjadi akseptor.
  •   Harus secara sukarela.
  •   Mendapat persetujuan istri.
  •   Jumlah anak cukup.
  •   Mengetahui akibat-akibat vasektomi.
  •   Umur calon tidak kurang dari 30 tahun
  •   Umur istri tidak kurang dari 20 tahun dan tidak lebih dari 45 tahun
  •   Pasangan suami-istri telah mempunyai anak minimal dua orang, dan anak paling kecil harus sudah berumur diatas dua tahun.

Kontra - Indikasi.
  •  Apabila ada peradangan kulit disekitar scrotum harus disembuhkan dulu.
  •  Apabila menderita hernia.
  •  Apabila menderita diabetes mellitus yang tidak terkontrol.
  •  Apabila menderita kelainan mekanisme pembekuan darah.
  •  Apabila keadaan kejiawaan tidak stabil.

Tata cara pelayanan Vasektomi.

a) Pra Operasi
 Dilakukan pemeriksaan untuk mengetahui indikasi, kontraindikasi dll yang diperlukan untuk kepentingan calon akseptor. Jika ditemukan keadaan yang merupakan kontraindikasi atau kemungkinan menyebabkan adanya penyulit atau dampak samping lain, pelayanan kontrasepsi  mantap harus ditunda.
b) Tahap Operasi.
 Dikenal 3 macam tehnik vasektomi, yaitu vasektomi konvensional (dengan pisau),vasektomi  tanpa  pisau dan vas oklusi.
c) Tahap pasca operasi.
Setelah seorang pria melakukan vasektomi, disarankan agar tidak melakukan aktifitas yang berat beberapa hari pasca operasi. Hindari mengangkat beban berat berlebihan sampai kurun waktu seminggu sesudah vasektomi. Hal ini untuk mencegah pembengkakan pada jahitan sekitar wilayah kantong buah zakar. 
Oh ya, jangan lupa mengompres kulit sekitar daerah jahitan dengan es batu agar rasa nyeri yang ditimbulkan tidak terlalu hebat. Setelah melakukan operasi vasektomi juga disarankan agar pria memakai celana khusus agar pergerakan tubuh tidak terlalu mengganggu proses penyembuhan luka bedah.
Dan satu hal yang utama adalah hindari melakukan hubungan seksual dengan isteri tanpa pengaman selama beberapa minggu. Lama atau tidaknya waktu tersebut tergantung volume sel sperma yang dihasilkan sebelum vasektomi. Namun, sebagian besar dokter menyarankan tetap menjalankan kontrasepsi lain (kondom, pil KB, suntik KB dan lain-lain) minimal 8 minggu setelah masa operasi vasektomi.
Jadi buat bapak-bapak, mohon menahan diri untuk tidak segera mengajak isteri berhubungan badan tanpa memakai kondom sebelum cairan sperma dinyatakan bersih secara tes medis dari kandungan sel sperma. Karena kalau cairan air mani masih mengandung sel sperma, maka masih ada kemungkinan untuk menghamili seorang wanita.

Tingkat Keberhasilan
Pada umumnya apabila tindakan medis kontap pria dilakukan secara benar, keberhasilannya amat tinggi yakni sebesar 99%. Artinya 99 dari 100 persen vasektomi terjamin untuk tidak mempunyai keturunan lagi. Adanya kegagalan dimungkinkan karena rekanalisasi spontan.

Vasektomi dianggap gagal bila :
1. Pada analisa sperma setelah 3 bulan pasca vasektomi atau setelah 10 - 15 kali ejakulasi masih
    dijumpai spermatozoa.
2. Istri (pasangan) hamil.


Keluhan dan penyulit yang mungkin terjadi.
Sejauh ini belum ada laporan resmi mengenai dampak buruk vasektomi pada pria. Apabila operasi dilakukan dengan baik dan benar, jarang ditemukan keluhan ataupun penyulit yang berarti. Karena tingkat pemahaman masyarakat memang ditemukan beberapa keluhan yang apabila diteliti secara mendalam tidak ada hubungannya dengan tindakan vasektomi, misalnya :
  1. Impotensi.Dari pelbagai penelitian telah dibuktikan bahwa vasektomi tidak menimbulkan impotensi. Malah pada beberapa pasangan, sering ditemukan hasrat birahi ini malah makin bertambah setelah vasektomi.
  2. Gemuk.Pelbagai penelitian membuktikan pula bahwa tidak benar karena vasektomi akseptor akan bertambah gemuk. Vasektomi tidak sama dengan kebiri, dan karena itu tidak terjadi perubahan  hormonal.
Adapun keluhan terjadinya pembengkakan bisa diatasi dengan jalan mengompres 24 jam pasca operasi. Vasektomi merupakan operasi kecil layaknya sunat, sehingga resiko yang terjadi sangat kecil. Kalaupun terjadi pembengkakan dalam waktu lama, hal tersebut biasanya terjadi akibat pria telah memiliki riwayat penyakit sebelumnya.

Bagaimana dengan sel sperma yang tidak disalurkan selama berhubungan badan? Apakah sel sperma tersebut akan merusak kesehatan badan? Tim medis menjelaskan bahwa sel sperma yang tidak keluarkan sebagian besar akan diserap kembali oleh tubuh dalam bentuk energi. Jadi dalam hal ini sel sperma tidak akan membahayakan kesehatan pria dan pria tetap bisa menikmati seks.

Demikian pembahasan mengenai kontrasepsi Vasektomi

4 comments :

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Ngeri walaupun cuma operasi kecil..

    ReplyDelete
  3. biasa kemana untukbisa vasek ? dokter biasa bisa ?

    trims

    ReplyDelete

1. Terima Kasih atas kunjungan anda.
2. Setiap komentar akan kami tanggapi (Bila Ada Waktu dan Kesempatan)
3. Blog ini Do follow