Saturday, October 5, 2013

Power Bank adalah Penyimpan Daya

Saat ini penggunaaan daya baterai DC sudah tidak bisa dipisahkan lagi dari kehidupan kita. Baterai itu diperlukan untuk menghidupan peralatan elektronik yang sehari-hari dipakai.Semua orang dewasa sekarang sudah punya Handphone (HP), bukan cuma satu tetapi juga beberapa. HP juga menggunakan baterai. HP akan di cas bila baterainya sudah kosong/tinggal sedikit atau lebih dikenal dengan lowbat.

Kita sering mendengar istilah power bank namun banyak juga yang tidak tahu artinya. Kata tersebut berasal dari bahasa Inggris, yang memiliki arti “penyimpan daya”.  Ya, itulah power bank, sebuah alat kecil yang mudah dibawa kemana-mana, yang berfungsi untuk men-charge kembali gadget kita saat kehabisan daya, dimana kita berada dalam posisi jauh dari stop-kontak listrik. Dilihat dari fungsinya, alat ini juga diberi nama portable charger atau portable external batrrey char, karena dapat digunakan untuk mengisi ulang gadget dimanapun dan kapanpun.

Power bank sangat membantu orang -orang dengan mobilitas yang tinggi,  orang-orang lapangan yang jarang masuk ruangan, orang yang sering dalam perjalanan dan orang -orang yang malas membawa carger kemana-mana.  Kapasitas daya Power Bank bervariasi mulai dari 2600 mAh sampai 12000 mAh, tergantung dari besar kecil capasitor penyimpan daya yang dimilikinya.

Saat punya sambungan ke daya Listrik PLN, lakukan pengisian Power Bank anda, sehingga pada saatnya nanti, Powerbank cukup punya daya untuk mengisi baterai gadget anda.Misalnya Blackberry, memiliki baterai berkapasitas 1500 mAh. Jadi, power bank berkapasitas 3000 mAh dapat mengisi baterai 1500 mAh hingga dua kali charge.

Power bank dilengkapi dengan kabel penghubung lengkap, sehingga dapat digunakan untuk bermacam-macam gadget seperti Blackberry, HP, mp3 player, iPhone, iPad, PSP, kamera digital dan gadget lainnya. Dengan harga mulai  Rp. 50.000,00 sampai yang jutaan tentu bukan barang yang mahal, bila dibandingkan dengan mamfaat yang diberikannya.

Untuk membeli powerbank beberapa spesifikasi yang perlu anda perhatikan antara lain :
  • Capacity/kapasitas                     :     Biasanya semakin besar kapasitas harga semakin mahal
  • Input Voltage / Tegangan Masuk:  Ini tegangan adaptor pengisi Powerbank  
  • Output Voltage /Tegangan Keluaran    :     Ini tegangan/voltase yang akan masuk ke Gatget
  • Dimension / Ukuran     :     Semakin kecil tentu semakin mudah membawa PowerBank 
  • Compatible Devices  / peralatan yang cocok untuk Powerbank ini   :     iPad/iPod/iPhone/Blackberry/Playstation Portable/MP3/MP4
 Contoh spesifikasi Powerbank Merk Gigabyte :

1 comment :

1. Terima Kasih atas kunjungan anda.
2. Setiap komentar akan kami tanggapi (Bila Ada Waktu dan Kesempatan)
3. Blog ini Do follow