Saturday, November 9, 2013

22 Hal Tentang Kentut


Sekali-sekali tidak ada salahnya mengadakan penelitian mengenai masalah kentut, mungkin ada rekan-rekan yang menilai bahwa ini jorok, tetapi tanya saja sama diri sendiri, manusia  mana di dunia ini yang tidak pernah kentut. Apakah kata "kentut" ini harus diganti oleh kata "bersiul" agar lebih sopan kedengarannya,  tentu tidak  mungkin bukan. Kentut adalah Kentut tidak bisa diperhalus maupun dipersopan.


1. Dari mana asal kentut ?
Dari gas dalam usus. Gas dalam usus berasal dari udara  yang kita  telan, yang menerobos ke usus dari darah, gas dari reaksi kimia & gas dari bakteri dalam perut.




2. Kenapa kentut yang busuk itu hangat & tidak bersuara ?
Salah satu sumber kentut adalah bakteri. Fermentasi bakteri & proses pencernaan memproduksi panas, hasil sampingnya adalah gas busuk. Ukuran gelembung gas lebih kecil, hangat & jenuh dengan produk
metabolisme bakteri yg berbau busuk. Ini kemudian menjadi kentut, walau hanya kecil volumenya, tapi SBD (Silent But Deadly).

3. Berapa banyak kentut diproduksi sehari ?
Rata-rata setengah liter sehari dalam 14 kali kentut.

4. Mengapa kentut keluar melalui lubang dubur ?
Karena density-nya lebih ringan, kenapa gas kentut tidak melakukan perjalanan ke atas? Tidak demikian. Gerak peristaltik usus mendorong isinya ke arah bawah. Tekanan di sekitar anus lebih rendah. Gerak peristaltik usus menjadikan ruang menjadi bertekanan,  sehingga memaksa isi usus, termasuk gas-nya untuk bergerak ke awasan yg bertekanan lebih rendah, yaitu sekitar anus. Dalam perjalanan ke arah anus, gelembung-gelembung kecil bergabung jadi gelembung besar. Kalau tidak ada gerak peristaltik, gelembung gas akan menerobos ke atas lagi, tapi tidak terlalu jauh, karena bentuk usus yg rumit & berbelit-belit. (Bayangkan kalo kentut keluar dari lubang hidung).

5. Apa komposisi kentut ?
Bervariasi. Makin banyak udara anda telan, makin  banyak kadar  nitrogen dalam kentut (oksigen dari udara terabsorbsi oleh tubuh sebelum sampai di usus). Adanya bakteri serta reaksi kimia antara  asam perut & cairan usus menghasilkan karbondioksida.
 Bakteri juga menghasilkan metana & hidrogen. Proporsi masing-masing gas tergantung apa yang anda makan, berapa banyak udara tertelan, jenis bakteri dalam usus, berapa lama kita menahan kentut. Makin lama menahan kentut, makin besar proporsi nitrogen, karena gas-gas lain terabsorbsi oleh darah melalui dinding usus. Orang yang makannya tergesa-gesa kadar oksigen dalam kentut lebih banyak karena tubuhnya tidak sempat mengabsorbsi oksigen. (Makanya jangan suka nahan kentut).

6. Kenapa kentut berbau busuk ?
Bau kentut karena kandungan hidrogen sulfida & merkaptan. Kedua  senyawa ini mengandung sulfur (belerang). Makin banyak kandungan sulfur dalam makanan anda, makin banyak sulfida & merkaptan diproduksi oleh bakteri dalam perut, & makin busuklah kentut anda. Telur & daging punya peran besar dalam memproduksi bau busuk kentut. Kacang-kacangan berperan dalam memproduksi volume kentut, bukan dalam kebusukannya.

7. Kenapa kentut menimbulkan bunyi ?
Karena adanya vibrasi lubang anus saat kentut diproduksi. Kerasnya bunyi tergantung pada kecepatan gas. (Dan diameter lubang anus anda, hi..hi....)

8. Berapa waktu yang diperlukan oleh kentut untuk
melakukan
perjalanan kehidung orang lain? Tergantung kondisi
udara, seperti
kelembaban, suhu,kecepatan & arah angin, berat molekul
gas kentut,
jarak antara 'transmitter' dengan 'receiver'. Begitu
meninggalkan
sumbernya, gas kentut menyebar konsentrasinya
berkurang. Kalau
kentut tidak terdeteksi dalam beberapa detik, berarti
mengalami
pengenceran di udara & hilang ditelan udara
selama-lamanya. Kecuali
kalau anda kentut di ruang sempit, seperti lift,
mobil,
konsentrasinya lebih banyak, sehingga baunya akan
tinggal dalam
waktu lama sampai akhirnya diserap dinding.

9. Apakah setiap orang kentut ?
Sudah pasti, kalau masih hidup. Sesaat setelah
meninggalpun orang
masih bisa kentut. (Makanya gak usah malu kalo sering
kentut)

10. Betulkah laki-laki kentut lebih sering daripada
perempuan ?
Tidak ada kaitannya dengan gender.. Kalau benar,
berarti perempuan
menahan kentutnya, & saat kentut banyak sekali jumlah
yg
dikeluarkan. (Makanya kentut perempuan lebih bau,
ha..ha....)

11. Saat apa biasanya orang kentut ?
Pagi hari di toilet. yang disebut "morning thunder".
Kalau
resonansinya bagus, bisa kedengaran di seluruh penjuru
rumah.

12. Mengapa makan kacang-kacangan menyebabkan banyak
kentut ?
Kacang-kacangan mengandung zat gula yang tidak bisa
dicerna tubuh.
Gula tsb (raffinose, stachiose, erbascose) jika
mencapai usus,
bakteri di usus langsung berpesta pora & membuat
banyak gas. Jagung,
paprika, kubis, kembang kol, susu juga penyebab banyak
kentut (bukan
baunya!).

13. Selain makanan, apa saja penyebab kentut ?
Udara yang tertelan, makan terburu-buru, makan tanpa
dikunyah, minum
soft drink, naik pesawat udara (karena tekanan udara
lebih rendah,
sehingga gas di dalam usus mengalami ekspansi & muncul
sebagai
kentut).

14. Apakah kentut sama dengan sendawa, tapi muncul dari lain lubang ?
Tidak... sendawa muncul dari perut, komposisi kimianya lain dengan kentut. Sendawa mengandung udara lebih banyak, kentut mengandung gas yang diproduksi oleh bakteri lebih banyak.


15. Mengapa kentut anjing & kucing lebih busuk ?
Karena anjing & kucing adalah karnivora (pemakan daging). Daging kaya akan protein. Protein  mengandung banyak sulfur, jadi bau kentut binatang ini lebih busuk. Lain dengan herbivora seperti sapi, kuda, gajah, yang memproduksi kentut lebih banyak, lebih lama, lebih keras bunyinya, tapi relatif tidak berbau. (Makanya lebih baik pelihara gajah di rumah daripada anjing).

16. Betulkah bisa teler kalau mencium bau kentut 2-3 kali berturut- turut ?
Kentut mengandung sedikit oksigen, mungkin saja anda mengalami pusing kalau mencium bau kentut terlalu banyak. (Makanya yang punya hobi cium bau kentut, sebaiknya dikurangin)


17. Kemana perginya gas kentut kalau ditahan tidak dikeluarkan ?
Bukan diabsorbsi darah, bukan hilang karena bocor..Tapi bermigrasi ke bagian atas menuju usus & pada gilirannya akan keluar juga. Jadi bukan lenyap, tapi hanya mengalami penundaan.

18. Mungkinkah kentut terbakar ?
Bisa saja. Kentut mengandung metana, hidrogen yang combustible (gas
alam mengandung komponen ini juga). Kalau terbakar, nyala-nya  berwarna biru karena kandungan unsur hidrogen. (Kalo naik gunung, lupa bawa korek api tapi mau masak indomie, pakai aja kentut buat nyalain kompor)

19. Bisakah menyalakan korek api dengan kentut ?
Jangan mengada-ada. .. konsistensinya lain. Juga suhunya tidak cukup panas untuk memulai pembakaran.

20. Apakah warna kentut ?
Tidak berwarna. Kalau warnanya oranye seperti gas nitrogen oksida, akan ketahuan siapa yang kentut.

21. Kentut itu apakah asam, basa atau netral ?
Asam, karena mengandung karbondioksisa (CO2) & hidrogen sulfida (H2S).

22. Apa yang terjadi kalau seseorang kentut di planet Venus ?
Planet Venus sudah banyak mengandung sulfur(belerang) di lapisan udaranya, jadi kentut di sanapun tidak ada pengaruhnya. Bener-bener mengharukan dech... Terkadang .. ketika Anda menangis .. tak seorang pun yang menyadari linangan air mata Anda.

Terkadang .. ketika Anda amat sedih .. tak seorang pun yang melihat kepedihan hati Anda.
Terkadang .. ketika Anda bahagia .. tak seorang pun yang memperhatikan senyum mengembang di bibir Anda.
Akan tetapi .. ketika Anda kentut .. semua orang menoleh ke diri Anda. mengharukan nggak, sih ???

6 comments :

  1. WOW
    nice share
    3 Artikel Misteri Penting yang Wajib Kalian Baca dan Ketahui untuk Meningkatkan Alexa Rank dan Optimasi SEO yang telah terpecahkan hanya ada di ! :
    1. http://alvin-crew.blogspot.com/2013/11/tools-seo-penting-bagi-alexa.html
    2. http://alvin-crew.blogspot.com/2013/11/pentingnya-alexa-toolbar.html
    3. http://alvin-crew.blogspot.com/2013/11/fastest-ways-to-improve-alexa-rank.html
    Tinggalkan Comment,Follow,Like,G+!!
    Saya Akan Membalasnya secepat mungkin!
    Back on : Alvin Crew

    ReplyDelete
  2. wakwakwakw ada" aja postingannya
    mampir balik dari Andrekocak Blog gan :D

    ReplyDelete
  3. ahaha bener sob...setuju sekali dengan kentut yang gak terdengar itu Silent But Deadly hehe :D

    bikin orang bubbbarrrr dalam sekejap :D

    ReplyDelete
  4. Artikelnya Bagus gan :D
    Jgn lupa Mampir Balik
    Andrekocak Blog
    Trik SEO Terbaru
    Prediksi Angka Hari Ini
    Cerita Dewasa Terbaru

    Artikelnya Bagus gan :D
    Jgn lupa Mampir Balik
    Andrekocak Blog
    Trik SEO Terbaru
    Prediksi Angka Hari Ini
    Cerita Dewasa Terbaru

    ReplyDelete

1. Terima Kasih atas kunjungan anda.
2. Setiap komentar akan kami tanggapi (Bila Ada Waktu dan Kesempatan)
3. Blog ini Do follow